Seputar Informasi Terkini

Kamis, 14 Januari 2016

Ditemukan, Bangkai Kapal Berisi Harta Karun Rp13,8 Triliun

jack

Ditemukan, Bangkai Kapal Berisi Harta Karun Rp13,8 Triliun


Kolombia mengumumkan penemuan bangkai Kapal San Jose yang tenggelam di kawasan Karibia 300 tahun silam. Kapal milik Spanyol itu diduga memuat harta karun berupa emas, perak, dan perhiasan lainnya, dengan nilai triliunan rupiah.

“Ini harta karun paling berharga yang ditemukan dalam sejarah manusia,” kata Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, sebagaimana dikutip Dream dari laman ABC News, Senin 7 Desember 2015.

Bangkai kapal yang ditenggelamkan oleh kapal perang Inggris pada Juni 1708 ini ditemukan di perairan dekat pelabuhan Kota Cartagena, Kolombia. Kapal San Jose memang tercatat dalam sejarah sebagai kapal yang mengangkut barang berharga dengan nilai tinggi.

Para pemburu harta karun telah bertahun-tahun mencari kapal yang digambarkan sebagai “cawan suci” ini. Sebab, harta karun yang dimuat kapal ini benar-benar bisa membuat manusia tercengang!

Berapa jumlah harta karun itu? Jack Harbeston, Managing Director Sea Search Armada (SSA), sebuah invistor pelayaran dari Amerika Serikat, memperkirakan harta karun Kapal San Jose sekitar US$4 miliar hingga US$17 miliar (Rp55 triliun hingga Rp235 triliun).

Namun taksiran itu memang berbeda-beda. Laman ABC News menulis harta karun itu kisaran US$3 miliar atau sekitar Rp 41 triliun. Sementara laman BBC menulis sekitar Rp 13,8 triliun. “Tak ada yang tahu pasti jumlahnya,” kata Harbeston, sebagaimana dikutip laman CNN.
peta lokasi penemuan harta karun
peta lokasi penemuan harta karun
Ditemukan, Bangkai Kapal Berisi Harta Karun Rp13,8 Triliun
Pencarian Kapal San Jose juga menjadi konflik antara Kolombia dengan SSA. Pada tahun 1981, SSA mengklaim menemukan posisi Kapal San Jose ini. Mereka menuding pemerintah Kolombia berusaha menyita temuan itu secara ilegal.

SSA kemudian mengajukan gugatan hukum di AS dan Kolombia. SSA memenangkan kasus ini di Mahkamah Agng Kolombia, sehingga harta karun dalam Kapal San Joses itu harus dibagi separuh untuk mereka dan sisanya untuk Kolombia. Dua gugatan hukum di AS, yaitu tahun 2011 dan 2015, gagal.

Namun kali ini, Kolombia mengklaim bangkai Kapal San Jose ini ditemukan oleh para peneliti pada 27 November di lokasi yang belum pernah ditemukan oleh siapapun. “Di tempat yang belum pernah ditunjukkan oleh penelitian sebelumnya,” kata Presiden Santos, sebagaimana dilansir ABC News.

Menurut Antropolog, Fabian Sanabria, ada lebih 1.000 puing yag ditemukan di Laut Karibia, Kolombia, itu. Namun hanya ada sekitar 6 hingga 10 puing besar yang diduga mengandung muatan harta karun. Dan temuan terbesar itu adalah puing-puing dari Kapal San Jose.

Sumber : www.dream.co.id

0 komentar:

Posting Komentar